eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Lewat Usaha Aloe Vera, Mengubah Kehidupan Alan Efendhi Untuk Warga Gunung Kidul

"Saya ingin bersama orang tua di kampung. Karena orang tua semakin lama semakin bertambah tua. Jadi saya ingin menemani mereka dan mencari peluang di tempat kelahiran saya"

(picture by instagram @efendhi_alan.rv)

Kurang lebih seperti itu yang dikatakan oleh Mas Alan Efendhi dalam roadshow yang diadakan oleh Solopos Media Grup dan Astra Internasional rabu lalu di Solo. Mas Alan berhasil membuat inovasi dari bahan dasar Aloe Vera, yaitu membuat minuman sehat dari tanaman Aloe Vera dengan pemanis alami stevia. 

Alasan Kembali Pulang

Pria yang lahir di Gunung Kidul ini tidak dapat membayangkan dirinya bisa menjadi pengusaha. Karena background dirinya bukanlah seorang yang ahli pertanian, ahli gizi ataupun ahli bisnis. Mas Alan adalah seorang pekerja kantor biasa di Jakarta dengan lulusan sekolah STM jurusan otomotif. 

Tepatnya tahun 2014, Mas Alan memutuskan untuk pulang ke kampung halamannya dan resign dari tempat ia bekerja. Mas Alan ingin tinggal bersama orangtuanya serta memikirkan usaha apa yang bisa ia lakukan disana. 

Memutuskan untuk berhenti bekerja di kota besar bukanlah hal mudah. Mengingat gaji yang ia dapatkan di sana tidaklah sedikit. Berbekal informasi dari buku dan internet, ia mencoba mencari beberapa peluang usaha yang dapat ia coba dan kembangkan di Gunung kidul. Mengingat kondisi di daerah Gunung Kidul yang tandus, kering dan sulit mencari air inilah menjadi hambatan yang harus ia pikirkan. 

Ada beberapa peluang usaha yang bisa ia lakukan di Gunung Kidul, antara lain membudidayakan buah seperti buah pepaya California, anggur, buah naga, dan aloe vera. Beberapa buah tersebut tidak perlu membutuhkan banyak air, jadi sangat cocok jika dibudidayakan di Gunung Kidul. 

Selain itu, bebas hama dan dapat ditanam dan dipanen kapan saja (tidak pengaruh dengan musim tertentu). Aloe Vera memiliki banyak manfaat dan menjadi peluang untuk mendapat keuntungan. Seperti yang kita ketahui, tanaman Aloe Vera banyak digunakan sebagai obat, bahan dasar kosmetik dan olahan makanan atau minuman. 

Aloe Vera Sebagai Ciri khas Gunung Kidul

"Belalang goreng sudah menjadi ciri khas makanan masyarakat Gunung Kidul. Maka dari itu, saya ingin  produk Aloe Vera ini juga menjadi salah satu ciri khas dari Gunung Kidul," ucap Mas Alan. 

Ia ingin usaha minuman dari Aloe Vera ini dapat diterima oleh masyarakat luas, terutama warga Gunung Kidul khususnya. Mengingat aloe vera ini masih asing di telinga warga setempat. Lalu bagaimana usaha Mas Alan untuk meyakinkan warga setempat dengan usahanya ini? 

Mas Alan mengajak warga sekitar untuk ikut berpartisipasi dengan menjadi supplier aloe vera untuknya. Serta memperkerjakan beberapa warga untuk ikut membangun usaha tersebut. Dengan adanya usaha ini, ia dapat mensejahterakan warga  dan menumbuhkan perekonomian sekitarnya. 

(picture by radarjogja.jawapos.com)

Untuk awal produksi, Mas Alan membuat minuman dari sari Aloe Vera dengan kemasan plastik biasa. Ia menjual produknya hanya di lingkungan sekolah di sekitarnya saja. Mendapat sambutan baik dari masyarakat yang sudah mencoba produknya, Mas Alan mulai mendapat beberapa permintaan dari tempat lain. 

Sejak saat itulah Mas Alan lebih tekun menggeluti usahanya. Kemudian mendaftarkan produknya untuk mendapat izin dari BPOM dan sertifikasi halal. Ini dilakukan agar masyarakat lebih percaya dengan produknya. Selain itu, ia juga mendaftarkan usahanya sebagai perusahaan PT. Mount Vera Sejati dan nama produknya yaitu "Rasane Vera". 

(picture by instagram @efendhi_alan.rv)

Menerima Penghargaan Satu Indonesia Award 2023 

Tidak mudah untuk bisa mendapatkan penghargaan yang bergengsi ini. Mas Alan harus mendapatkan kegagalan di tahun 2021. Ditahun 2022 ia mencoba kembali untuk ikut lomba Satu Indonesia Award, tapi kembali menghadapi kekalahan. Tidak pantang menyerah, ia kembali ikut berpartisipasi dan akhirnya bisa menerima penghargaan Satu Indonesia Award 2023 di bidang kewirausahaan. 

Sudah sepantasnya Mas Alan berbangga diri. Berkat usaha dan kerja keras beliau dan dukungan masyarakat sekitar menjadikannya sosok inspiratif untuk generasi muda. Apalagi ditambah dengan fenomena pengangguran yang semakin menambah, usaha bisa menjadi peluang kerja yang hasilnya cukup menjanjikan. 

Dari Aloe Vera, Mas Alan Efendhi mampu menciptakan minuman sehat yang bermanfaat. Lalu ditambah dengan pemanis alami stevia membuat beberapa orang yang memiliki masalah kesehatan terhadap gula bisa menikmati dengan aman. Tidak semua peluang usaha memiliki ide yang bagus, memiliki manfaat dan bisa dinikmati oleh semua usia. Sudah sepatutnya semua pelaku usaha bisa memberi manfaat dari produk yang dibuat dan juga memiliki dampak ekonomi untuk warga sekitar.

(picture by instagram @efendhi_alan.rv)

Kebetulan saya berkesempatan untuk bertemu langsung dengan sosok Mas Alan di acara Roadshow Lomba Foto Dan Anugerah Pewarta Astra 2024 di Solo. Acara ini digelar oleh Astra Internasional yang menggandeng Solopos Media Group. Acara tersebut dihadiri oleh wartawan, blogger, dan juga komunitas, salah satunya Komunitas Digital Content Creators (DCC) Indonesia. 

Lewat Usaha Aloe Vera, Mengubah Kehidupan Alan Efendhi Untuk Warga Gunung Kidul


Disini Mas Alan bercerita banyak dan sangat menginspirasi. Para tamu yang hadir juga sangat antusias dengan memberikan pertanyaan kepada Mas Alan. Disini Mas Alan juga mengajarkan bagaimana cara mendapat informasi seputar kewirausahaan. Yaitu mulai membuat circle yang anggotanya para pengusaha. Agar lebih mudah untuk saling bertukar pikiran dan dapat membantu apabila menghadapi kesulitan. 

Jangan ragu untuk memulai usaha dan jangan malu untuk bertanya kepada orang yang sudah berhasil. Teruslah mencoba karena kita tidak pernah tahu usaha mana yang akan berhasil. Seperti Mas Alan yang tidak pernah menyerah untuk selalu mencoba. Pada akhirnya di usaha tahun ke-3 lah yang menjadikannya juara SATU (Semangat Astra Terpadu Untuk) Indonesia Awards 2023. 

Posting Komentar

Posting Komentar